Wednesday, March 18, 2009

UEFA Siap Gelar Liga Super Eropa?


Rabu, 18 Maret 2009 - 01:43 wib
Defanie Arianti - Okezone




NYON - Kompetisi sepakbola di Eropa kemungkinan bakal berubah drastis dalam beberapa musim mendatang. Itu jika Badan Sepakbola Eropa (UEFA) menerima proposal klub-klub papan atas Benua Biru untuk menggelar Liga Super Eropa.

Majalah France Football melansir, Rabu (18/3/2009), klub-klub elit Eropa seperti Manchester United, Real Madrid, dan sebagainya tengah berencana mengadakan kompetisi tersendiri yang diyakini lebih bergengsi dari perhelatan Liga Champions.

Rencana ini bermula dari keprihatinan Asosiasi Klub Eropa (ECA) terhadap dampak krisis global yang mulai dirasakan sejumlah klub elit benua itu. Karenanya, ECA pun melontarkan proposal menggelar liga tersendiri bagi klub-klub papan atas Eropa sehingga diharapkan bisa menyuntikkan dana bagi klub yang bermasalah.

Sejumlah pihak menilai proposal ini akan menggusur perhelatan liga domestik. Pasalnya, jumlah pertandingan yang akan digelar pada liga ini bisa mencapai 38 hingga 42 laga per musim.

Meski begitu, di luar dugaan, UEFA ternyata bersedia mempertimbangkan proposal tersebut.

"UEFA adalah organisasi yang demokratis. Kami akan mendengarkan setiap pendapat orang dan melihat pandangan para pemegang saham. Setelah itu, jika saatnya tiba, keputusan berada di tangan komite eksekutif," jelas presiden UEFA, Michel Platini.

Jika UEFA menyetujui proposal tersebut, diperkirakan perhelatan liga super itu akan dimulai pada musim 2012/2013 mendatang.
(fmh)

0 Comments: